Senin, 29 November 2010

PINDANG TULANG MERANJAT

Bila Anda penggemar masakan dengan menu tulang sapi, tak ada salahnya mencicipi masakan khas Sumatera Selatan yang satu ini, yaitu pindang tulang meranjat. Pindang yang memadukan tulang sapi dengan bumbu rempah - rempah yang terasa hangat dan pedas serta menggoda selera.

Salah satu rumah makan yang menyajikan menu pindang tulang meranjat ini, adalah rumah makan yang berada dikawasan Jalan Ahmad Yani, Tangga Takat seberang Ulu II, Palembang. Proses pembuatan pindang tulang meranjat ini sendiri, diawali dengan mencuci potongan tulang sapi hingga benar - benar bersih.

Lalu potongan tulang ini direbus dengan campuran bumbu rempah - rempah, seperti bawang putih, bawang merah, serai, cabe hijau, kunyit, tomat, lada dan laos. Untuk menambah rasa pedas, pindang juga dapat ditabur dengan cabe giling (cabe halus) dan kemudian campuran ini diaduk hingga benar - benar rata.

Pindang tulang meranjat yang siap untuk disajikan ini semakin nikmat, bila disantap dengan menambah lalapan dan kecap manis. Rasa pedas dan hangat pada kuah pindang ini, membuat sejumlah pelanggannya mengaku merasa ketagihan untuk mencicipinya. Menurut pemilik rumah makan Neti, resep makanan ini ia dapatkan dari kampungnya di Desa Meranjat, yaitu salah satu kampung kecil diwilayah Sumatera Selatan.

Bahan :
* 1 kg iga sapi, kalo bisa cari yang banyak tulang mudanya
* 8 siung bawang merah, iris halus
* 4 siung bawang putih, iris halus
* 2 lembar daun salam
* 1 batang sereh, digeprak
* 3 cm kunyit, iris halus
* 3 cm jahe, iris halus
* 3 cm laos, iris halus
* 2 sdm air asam jawa dari ± 3 mata asam jawa
* 3 buah cabe merah, belah 2 boleh dibuang bijinya
* 3 buah cabe ijo, belah 2 boleh dibuang bijinya
* 1 sdm kecap manis
* 1 sdm kecap asin
* garam secukupnya
* 1 ikat daun kemangi, petiki
* 1 batang daun bawang, potong-potong
* 1 buah tomat, potong 8

caranya:
* didihkan air didalam panci secukupnya sampai kira-kira iga sapi terendam semua
* setelah mendidih, masukkan iga sapi, bawang merah, bawang putih, salam, sere, laos, kunyit, jahe, masak sampai iga empuk
* masukkan air asem jawa, kecap manis, kecap asin, garam
* masukkan cabe merah dan cabe ijo, didihkan lagi
* sesaat sebelum dihidangkan, masukkan tomat, kemangi dan daun bawang. hidangkan panas-panas

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

AYAH… sudahkah mencoba ngobrol dengan anak-anak? Alhamdulillah jika sudah dan teruskan hal itu sesering mungkin sambil kita belajar terus...