Senin, 01 November 2010

KISAH PASUKAN GAJAH

Ringkasan kisah pasukan gajah adalah ketika Abrahah al-Habsyi gubernur Yaman melihat bangsa Arab berbondong-bondong ke Mekkah untuk menunaikan haji. Maka ia membangun gereja besar di Shan’a dan ia ingin mengalihkan ibadah haji disana. Hal ini didengan oleh seseorang dari Bani Kinanah, salah satu suku Arab, lalu ia memasuki gereja tersebut dan melumuri temboknya dengan kotoran.

Tatkala mengetahui hal itu, Abrahah berkobar marah dan segera berangkat menuju Ka’bah dengan membawa pasukan yang berjumlah 600.000 personel untuk menghancurkan Ka’bah. Ia memilih untuk dirinya seekor gajah yang paling besar, sementara pada pasukannya terdapat sembilan ekor gajah. Ia melanjutkan perjalanannya hingga hamper tiba di kota Mekkah. Disana pasukannya bersiap-siap untuk memasuki kota Mekkah namun gajah-gajah tersebut diam dan tidak mau beranjak maju ke Ka’bah. Dan ketika mereka mengarahkannya kea rah lain, gajah-gajah tersebut bangkit dan bergegas melangkah. Namun ketika mereka palingkan ke Ka’bah lagi, gajah-gajah tersebut kembali diam tak bergerak.

Ketika itulah, Allah mengutus kepada mereka burung-burung Ababil (yang berbondong-bondong) untuk melempari mereka dengan batu yang berasal dari tanah yang terbakar, dan membuat mereka seperti daun-daun yang dimakan ulat. Setiap burung membawa tiga buah batu, satu diparuh dan yang dua lainnya di kedua kakinya. Mereka laksana kambing curian, dan tiada seorang pun dari mereka yang terkena batu tersebut melainkan anggota tubuhnya terpotong-potong untuk kemudian hancur. Mereka berhamburan keluar dan berguguran di jalan. Sedangkan Abrahah sendiri terserang penyakit yang membuat ujung-ujung jemarinya rontok, dan ia sampai ke Shan’a dalam kondisi seperti anak burung. Hingga akhirnya ia pun menemui ajalnya.

Kisah ini terjadi 50 hari sebelum kelahiran nabi Muhammad SAW.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

AYAH… sudahkah mencoba ngobrol dengan anak-anak? Alhamdulillah jika sudah dan teruskan hal itu sesering mungkin sambil kita belajar terus...